Lompat ke isi utama

Berita

Perkuat Strategi Pengawasan, Bawaslu RI Gelar Rakor Hubal di Sukoharjo

Rakornas Sukoharjo

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penguatan Hubungan Antar Lembaga untuk Optimalisasi Pengawasan Pemilu Serentak Tahun 2024

Halo #SahabatBawaslu, Upaya memperkuat strategi pengawasan terus digencarkan oleh Bawaslu RI guna menghadapi Pemilu 2024 Februari mendatang.

Dalam upaya tersebut Bawaslu RI menggelar acara Rapat Kordinasi Nasional 'Penguatan Hubungan Antar Lembaga (Hubal) untuk mengoptimalisasi pengawasan Pemilu Serentak Tahun 2024' di Hotel Mercure Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah, Kamis (6/10/2023). 

Anggota Bawaslu RI  Bapak Totok Haryono menyampaikan pentingnya menjaga kondusifitas hubungan antar lembaga dalam lingkup penyelenggaraan Pemilu 2024. Ia pun mengutip pepatah Ir. Soekarno "Sarangnya Simpati ada pada Hati" Artinya jika suatu institusi atau Lembaga yang menjalin kerjasama dengan didasari sebuah simpati dan kepercayaan maka akan tercipta sinergitas yang baik,"ujarnya.

Selain Totok, Kepala Bagian Teknis Bawaslu RI Dr. La Bayoni menyampaikan, 'Kerjasama Hubungan antar Lembaga dalam pengawasan Pemilu 2024' ini diatur dalam Perbawaslu 7 Tahun 2023 Tentang Pedoman Kerjasama Bawaslu, Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota. "Oleh Karenanya untuk mengoptimalisasi Pengawasan pemilu 2024 dalam hal menjalin kerjasama antar Lembaga BAWASLU RI membuat Aplikasi Sistem Jaringan Informasi Hubungan Antar Lembaga (SIJARI HUBAL),"katanya.

Pada kesempatan Rakornas ini, sebagai tindak lanjut Bawaslu RI juga mengundang KPU RI, KPI dan Dewan Pers, yang sebelumnya sudah dilakukan kerjasama melalui Surat Keputusan Bersama tertanggal 9 Februari 2023 tentang Gugus Tugas Pengawasan dan Pemantauan Pemberitaan, Penyiaran dan Iklan Kampanye dalam Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024. 

Sumber : Humas Bawaslu Pemalang

#BawasluRI

#BawasluJateng

#BawasluPemalang

#PemiluSerentakTahun2024

#AyoAwasiBersama

Tag
BERITA