Lompat ke isi utama

Berita

Kunjungi Desa Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Pemalang Imbau Warga Desa Lawangrejo Tak Segan Laporkan Pelanggaran Pemilu

Pembinaan Desa Pengawasan_Lawangrejo

Pembinaan Desa Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024, Desa Lawangrejo Kecamatan Pemalang

Pemalang ~ Halo #SahabatBawaslu, Upaya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pemalang dalam meningkatkan pengawasan partisipatif jelang Pemilu 2024 terus dilakukan. Salah satunya melalui pembinaan Desa pengawasan partisipatif di Desa Lawangrejo, Kecamatan Pemalang pada Kamis (21/9/2023).

Ketua Bawaslu Kabupaten Pemalang Sudadi menyampaikan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menciptakan peran aktif kelompok masyarakat berbasis kampung/Desa pada pra-penyelenggaraan, penyelenggaraan dan/atau Pasca- penyelenggaraan Pemilihan umum serentak 2024.

"Kami mengajak kepada warga masyarakat turut andil menjadi bagian dari Bawaslu dalam menciptakan pemilu yang adil, karena pemimpin yang adil di ciptakan melalui pemilu yang adil pula," ujarnya.

Ketua Bawaslu Pemalang (Sudadi) Mengajak Masyarakat Untuk Berperan Aktif Mengawasi Pemilu Serentak Tahun 2024

Sudadi mengingatkan agar peserta kegiatan desa partisipatif untuk tidak segan-segan melaporkan segala bentuk pelanggaran pemilu yang terjadi di wilayah setempat.

Kegiatan tersebut disambut baik oleh Kepala Desa Lawangrejo serta antusiasme masyarakat yang aktif menganilisa dan menjawab pertanyaan-pertanyaan melalui study kasus tentang Kepemiluan yang di sajikan oleh fasilitator dari Bawaslu Pemalang.

Dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang maksud dan tujuan di bentuknya Desa Pengawasan Partisipatif, serta jenis-jenis pelanggaran, dan mekanisme pelaporan dugaan pelanggaran pemilu pada tahapan Kampanye, Masa tenang, pemungutan dan penghitungan suara.

Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas & Humas (Syaefudin Juhri) Memberikan Materi Kepada Peserta Pembinaan Desa Pengawasan

Kordinator Divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kabupaten Pemalang Syaefudin Juhri mengajak kepada masyarakat untuk bersama-sama membangun kesadaran atas kedaulatan yang dimiliki dengan demikian dapat terciptanya iklim pemilu yang adil dan demokratis.

Foto Bersama (Anggota Bawaslu Pemalang, Kepala Desa Lawangrejo Bersama Peserta Pembinaan Desa Pengawasan) 

Sumber : Humas Bawaslu Pemalang 

#BawasluRI

#BawasluJateng

#BawasluPemalang

#DesaPengawasan

#PengawasPartisipatif

#AyoAwasiBersama

#PemiluSerentakTahun2024 

Tag
BERITA