Lompat ke isi utama

Berita

JELANG PENCALONAN CAPRES DAN CAWAPRES, BAWASLU RI KUMPULKAN KORDIV PENCEGAHAN KABUPATEN/KOTA SELURUH INDONESIA DI BALI

Rakornas Bali

Rakornas pengawasan pencalonan presiden dan wakil presiden serta tahapan penetapan daftar calon tetap (DCT)

Denpasar – Halo #SahabatBawaslu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menggelar rapat koordinasi nasional (Rakornas) di Hotel Aston, Denpasar, Bali Rabu (27/9/2023).

Agenda yang dihadiri kordinator divisi Pencegahan, Parmas dan Humas Kab/Kota seluruh Indonesia tersebut dilaksanakan guna membahas pengawasan pencalonan presiden dan wakil presiden serta tahapan penetapan daftar calon tetap (DCT).

Anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty dalam acara tersebut mengatakan, pengawasan pencalonan presiden dan wakil presiden serta penetapan DCT, Kordiv pencegahan, Parmas, dan Humas wajib melakukan konsolidasi internal serta berkolaborasi dengan Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa.

"Hal ini dilakukan guna memitigasi potensi kerawanan pada tahapan pencalonan presiden dan wakil presiden serta penetapan DCT,"ungkapnya.

Selain Lolly, turut hadir pula Anggota KPU RI Idham Kholik dalam Rakornas tersebut. Kholik menyampaikan saat ini KPU sedang fokus membuat 4 Rancangan PKPU, salah satu di antaranya Rancangan PKPU tentang Perubahan atas PKPU Tentang Pencalonan Anggota DPR, DPR Provinsi, dan DPR Kabupaten/kota, sebagai akibat hukum dari Putusan MA Nomor 24P/HUM/2023.

"Hal ini memiliki implikasi antara lain perubahan daftar calon laki-laki yang kategori nya MS akan di ganti dengan calon Perempuan yang baru," ungkap mantan komisioner KPU Jawa Barat itu.

 

Sumber : Humas Bawaslu Pemalang

Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu

#BawasluRI

#BawasluJateng

#BawasluPemalang

#AyoAwasiBersama

#PemiluSerentak2024

Tag
BERITA
GALERI