Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Pemalang Gelar Fasilitasi Pelatihan Saksi Parpol Pemilu 2024

Ketua Bawaslu Pemalang Menyampaikan Sambutan Dalam Pembukaan Fasilitasi Pelatihan Saksi Parpol/Tim Kampanye Pemilu 2024

Ketua Bawaslu Pemalang Menyampaikan Sambutan Dalam Pembukaan Fasilitasi Pelatihan Saksi Parpol/Tim Kampanye Pemilu 2024

Pemalang ~ Halo #SahabatBawaslu, Dalam rangka meningkatkan kemampuan Saksi Peserta Pemilu Tahun 2024, Bawaslu Kabupaten Pemalang menggelar Fasilitasi Pelatihan Saksi partai politik/tim kampanye pada Pemilu 2024 yang bertempat di Hotel R-gina Pemalang pada 22-24 Desember 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk menjalankan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum Pasal 351 ayat (8), yang mengamanatkan pelatihan saksi peserta pemilu dilakukan oleh Bawaslu.

Peserta pada kegiatan di ikuti oleh 3 orang delegasi dari masing-masing Partai Politik, Calon Perseorangan Anggota DPD dan Tim Kampanye Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden. Serta Pegiat Pemilu di Kabupaten Pemalang turut hadir dalam kegiatan tersebut (sebagai peserta)

Ketua Bawaslu Kabupaten Pemalang, Sudadi dalam sambutannya menyampaikan, “bahwa Saksi Peserta Pemilu salah satu instrumen penting pada tahapan pemungutan dan penghitungan suara serta rekapitulasi suara Pemilu serentak 2024. Oleh karenanya, saksi peserta pemilu perlu dibekali pengetahuan dan keterampilan teknis agar cakap dalam menyaksikan serta memberi masukan atas segala bentuk kesalahan dan kekeliruan proses Pungut hitung serta rekapitulasi yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu ”

Pemaparan materi disampaikan oleh Anggota Bawaslu Kabupaten Pemalang, serta pegiat pemilu, sebagai bentuk bekal pengetahuan tentang regulasi dan isu-isu strategis pada puncak tahapan pemilu 2024. Kemudian dilanjutkan dengan simulasi pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS)  yang difasilitasi oleh KPU Kabupaten Pemalang.

Kegiatan ini diakhiri dengan penandatanganan IKRAR PEMILU DAMAI oleh masing-masing perwakilan peserta delegasi, sebagai bentuk komitmen untuk bersama-sama menciptakan pemilu yang demokratis dan bermartabat.

Sumber : Humas Bawaslu Pemalang

#BawasluRI
#BawasluJateng
#BawasluPemalang
#PemiluSerantak2024
#AyoAwasiBersama