Lompat ke isi utama

Berita

Rakor Dengan KPU Soal Pencermatan DCT, Bawaslu Pemalang Berharap Tak Ada Sengketa Proses

Rakor Persiapan Penetapan DCT Pemilu 2024

Ketua Bawaslu Pemalang (Sudadi) Menyampaikan Upaya Bawaslu dalam meminimalisir potensi sengketa

Pemalang ~ Halo #SahabatBawaslu, Ketua Bawaslu Pemalang Sudadi mengingatkan kepada seluruh perwakilan 18 partai politik peserta Pemilu 2024 di Kabupaten Pemalang untuk mengikuti ketentuan proses tahapan pencalonan sesuai regulasi yang telah ditetapkan.

Itu disampaikan dalam kegiatan rapat Koordinasi Persiapan Penyusunan dan Pencermatan Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Pemalang yang diselenggarakan KPU Pemalang di Rumah Makan Ayam Gepuk, Kamis (21/9/2023).

Selain memberi arahan, Sudadi juga menyampaikan upaya yang dilakukan oleh KPU dalam rakor tersebut sangat bermanfaat khususnya dalam meminimalisir potensi sengketa setelah penetapan DCT.

"Kami (Bawaslu) sekali lagi menegaskan paradigma yang dibangun dalam pengawasan saat ini lebih mengutamakan pencegahan. Termasuk dalam tahapan pencalonan. Mudah-mudahan dengan adanya pencegahan yang dilakukan Bawaslu tidak ada lagi gugatan sengketa dalam penetapan DCT nantinya," ujarnya.

Dari KPU Pemalang materi disampaikan oleh Divisi Teknis Penyelenggaraan Harun Gunawan. Dia menyampaikan terkait proses, prosedur, dan mekanisme penggantian, pindah dapil, dan perubahan DCS oleh para peserta pemilu.

"Perlu juga kami berikan warning kepada partai politik apabila masih terdapat calon yang status pekerjaannya tidak diperbolehkan berdasarkan aturan. Untuk segera membuat SK pemberhentiannya paling lambat tanggal 3 November,"ujarnya.

Kordiv Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Pemalang Baktiawan Candheki menambahkan, upaya pencegahan yang telah dilakukan yakni, memberikan surat imbauan baik kepada KPU maupun Partai Politik peserta pemilu.

"Dalam imbauan kita ingatkan untuk KPU dan Parpol terkait tenggat waktu mulai dari pendaftaran sampai penetapan DCS dan DCT nantinya. Lalu terkait kelengkapan administrasi dokumen calon juga masuk dalam imbauan,"ungkapnya.

Bawaslu juga melibatkan seluruh jajaran Panwaslu sampai tingkat desa untuk mencermati data DCS terutama dalam konteks pekerjaan yang tidak diperbolehkan bagi calon berdasarkan regulasi.

Dalam kegiatan tersebut hadir pula Plt Ketua KPU Pemalang Aida Yunirahmawati dan Sekertaris KPU Pemalang yang baru, Benny Nugraha.

SumberĀ  : Humas Bawaslu Pemalang

#BawasluRI

#BawasluJateng

#BawasluPemalang

#PemiluSerentakTahun2024

Tag
BERITA