KEGIATAN PERDANA DI AWAL TUGAS PANWASLU KECAMATAN RANDUDONGKAL

 

Pengawasan Verifikasi Faktual Keanggotaan Parpol Oleh Bawaslu Kabupaten Pemalang bersama Panwaslu Kecamatan Randudongkal

Setelah resmi dilantik pada hari Jumat tanggal 28 Oktober 2022 di Hotel Winner Pemalang, Panwascam Randudongkal yang diketuai oleh Slamet Raharjo A.Md. dan anggota Indah Sriyanti, S.A.P., Esti Fajar Ihdayanti, S.A.P. melaksanakan beberapa kegiatan pengawasan di wilayah Kecamatan Randudongkal. Satu hari setelah pelantikan, tepatnya hari Sabtu tanggal 29 Oktober 2022 Panwascam Randudongkal langsung melakukan pengawasan verifikasi faktual keanggotaan Parpol Peserta Pemilu 2024 di beberapa desa diantaranya Desa Karangmoncol, Randudongkal, Mejagong, Kalimas, Kalitorong, Mangli, Tanahbaya dan Lodaya.

Di hari selanjutnya yaitu pada hari Minggu tanggal 30 Oktober 2022, Panwascam Randudongkal kembali melaksanakan pengawasan verifikasi faktual Partai Garuda di Desa Kejene dan Rembul.

Kegiatan pengawasan berlanjut pada hari Jumat, tanggal 4 November 2022 bersama dengan KPU dan Bawaslu Kab. Pemalang yaitu pengawasan terhadap verfak Parpol PSI di Desa Semingkir.

Kegiatan verifikasi faktual keanggotaan ini, untuk mengkonfirmasi keanggotaan partai politik calon peserta pemilu tahun 2024 sesuai data yang diunggah oleh partai politik pada SIPOL (Sistem Informasi Partai Politik).

Verifikasi keanggotaan parpol untuk membuktikan kebenaran dan keabsahan anggota parpol paling sedikit 1.000 atau 1/1.000 dari jumlah penduduk pada setiap kepengurusan parpol tingkat kabupaten/kota.

Hadirnya Bawaslu Kabupaten Pemalang dan Panwascam Randudongkal melakukan pengawasan adalah untuk memastikan tahapan verfak ini sesuai prosedur sebagaimana ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan dapat selesai tepat waktu.

Jumat 18/11/2022

Sumber : Panwaslu Kecamatan Randudongkal

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *