Bawaslu Jawa Tengah Petakan Kebutuhan Anggaran Pilkada 2024

Surakarta- #repost from @BawasluJateng Ketua Bawaslu Jawa Tengah, Fajar Saka memberikan sambutan sebagai tuan rumah dalam kegiatan “Asistensi, Penyusunan dan Reviu Mapping Dana Hibah Pemilihan 2024 di Wilayah Kerja Bawaslu Provinsi Jawa Tengah” yang diselenggarakan oleh Bawaslu di Kota Surakarta pada Kamis sore (4 November 2021).

Fajar menyampaikan terima kasih kepada Bawaslu yang telah memberikan kesempatan kepada Bawaslu Jawa Tengah untuk menyampaikan hal-hal terkait perencanaan anggaran dan reviu rencana anggaran pilkada 2024.

“Perlu kami sampaikan bahwa Bawaslu Provinsi Jawa Tengah telah mempersiapkan diri memetakan anggaran Pilkada 2024 sejak tahun 2020. 14 Bawaslu Kabupaten/Kota yang tidak melaksanakan Pilkada kami minta untuk menyusun draft Rencana Anggaran Belanja (RAB) pilkada 2024,” ungkap Fajar kepada forum.

Fajar menambahkan, bahwa di awal tahun 2021 Bawaslu Provinsi Jawa Tengah meminta 35 Bawaslu Kabupaten/Kota untuk mulai menyusun anggaran Pilkada 2024. Koordinasi itu baik secara daring maupun luring. Harapannya, dengan terjaganya komunikasi antara Bawaslu Kabupaten/Kota dengan Pemerintah Daerahnya masing-masing membuat anggaran siap jika sudah dibutuhkan.

Fajar juga menyampaikan, bahwa Bawaslu Provinsi Jawa Tengah juga telah mengundang Ketua Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah untuk mendiskusikan kesiapan Pilkada 2024 dan mendorong terbitnya Peraturan Daerah (Perda) di setiap Kabupaten/Kota untuk melakukan saving anggaran, mencicil pemenuhan kebutuhan anggaran Pilkada.

“Berdasarkan data yang kami miliki, sudah ada tiga Kabupaten/Kota yang menerbitkan Perda saving anggaran. Beberapa yang lain sedang dalam proses terbit Perda dan sisanya belum mau menerbitkan Perda tersebut” ungkap Fajar.

“Dengan persiapan dan perencanaan jauh-jauh hari, Bawaslu Provinsi Jawa Tengah dan jajaran kami di bawah sudah memiliki bekal untuk menilai situasi Pilkada 2024 yang ideal khususnya dari sisi anggaran,” ucap Fajar.

Kontributor : Humas Bawaslu Jawa Tengah

Sumber : https://jateng.bawaslu.go.id/2021/11/05/bawaslu-jawa-tengah-petakan-kebutuhan-anggaran-pilkada-2024/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *